Rabu, 20 Oktober 2010

USB SafeGuard

USB SafeGuard
Media simpan portabel berupa flashdisk semakin populer karena praktis dan ringkas. Namun, karena bentuknya kecil dan mudah tercecer, risiko kehilangan data pun cukup tinggi. Jika data bersifat sensitif dan pribadi, sangat fatal akibatnya ketika media simpan ini hilang atau tercuri.
Jika Anda merupakan pengguna flashdisk, Anda perlu perangkat lunak pelindung data. Contohnya, USB SafeGuard. Aplikasi ini mampu mengenkripsi isi media simpan sekaligus menghancurkan data dengan standar militer atau badan intelijen, khususnya saat terjadi beberapa kali percobaan akses data secara paksa dan ilegal.
Setelah mengunduh perangkat lunak ini, Anda harus menyalin berkas instalasinya ke dalam flashdisk yang juga sudah berisi data-data kerja. Klik beruntun pada berkas instalasi, maka akan tampil dialog pembentukan password enkripsi dan dekripsi data. Setelah itu, Anda akan diminta memilih berkas-berkas kerja yang hendak dienkripsi dengan cara click & drag. Pengguna akan ditawari untuk membuat berkas berisi password enkripsi-dekripsi dan disimpan di tempat lain.
Langkah pamungkas dan yang menjadi nilai lebih adalah tawaran metode penanganan risiko hilangnya media simpan. Ada tiga pilihan, yaitu: Don't Remove, Zero Out Data, serta DoD 5220.22-M. Pilihan terakhir merupakan yang paling aman karena menggunakan standar penghancuran data dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat.
Bila hendak mengakses data, Anda tinggal mengklik beruntun pada ikon USB SafeGuard dalam flashdisk, lalu isikan password dekripsi dengan benar. 
***
USB SafeGuard mampu menjadi perangkat lunak pengaman media simpan portabel yang praktis, mudah digunakan, serta menggunakan standar pengamanan tingkat tinggi. Jenis filenya juga Freeware dengan ukuran 736KB saja. Bersumber dari http://www.usbsafeguard.com dengan system operasi Windows.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More